Public Speaking (News Anchor)

Nama : Atika Robiyatul Aulia

Kelas : 3EB24

NPM : 21212236

Tugas softskill : Public speaking (News Anchor)

Pengertian Public Speaking

Menurut Webster’s Third New International Dictionary, tercantum pengertian Public Speaking adalah:

  1. The act of process of making speeches in public (proses memberikan pidato di depan publik)
    b. The art of science of effective oral communication with an audience (seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif bersama para pendengarnya).

Menurut David Zarefsky, dalam Public Speaking Strategic for Success; “Public speaking is a continous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners.” Yang dapat diartikan: Public Speaking adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan dan simbol (komunikasi) terus berinteraksi, antara pembicara dan para pendengarnya.

Sedangkan menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi: Public Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu.

Karena sifatnya yang dinamis, maka Public Speaking juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan asosiasi kata perubahan (change). Melalui Public Speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Kita juga dapat mengetahui perubahan seperti apa yang digagas atau direncanakan oleh seseorang.

Salah satu jenis public speaking yang banyak dikenal orang banyak adalah News Anchor atau pembaca acara berita di televisi . Pembawa acara berita adalah pembawa acara berita di televisi atau radio. Istilah ini biasa dipakai di industri televisi di Indonesia dan merupakan padanan penyiar berita yang juga banyak dipakai di radio. Secara internasional dikenal tiga kategori yakni pembaca berita (newsreader), penyiar berita (newscaster), dan jangkar berita (anchor).

Tips menjadi News Anchor yang baik menurut Nadya Adhiani :

Nadya Adhiani, seorang presenter untuk program Revenews di MNC Business Channel, akan memberikan beberapa tips yang perlu kamu ketahui jika ingin menggeluti bidang tersebut. “Menjadi seorang news anchor tidak terlalu sulit. Kuncinya, kamu harus selalu memperluas wawasan. Jangan pernah berhenti baca koran dan media online,” ujar Nadya ketika berbincang dengan okezone melalui telepon, Kamis (1/9/2011).

Selain itu, lanjut Nadya, menjadi seorang presenter harus mampu berpikiran terbuka. “Menjadi seorang presenter, kamu harus bisa terbuka dengan perubahan maupun pendapat serta isu yang tengah terjadi di masyarakat,” katanya menerangkan.

Kemudian, katanya, memperluas jaringan sangat diperlukan bagi seorang news anchor. “Seorang presenter harus berkenalan dengan banyak orang, membuka dan memperluas jaringan. Dengan memiliki banyak kenalan, kamu dapat berlatih untuk mewawancari orang,” tuturnya ramah.

Wanita berambut panjang ini mengungkapkan, menjadi seorang news anchor tidak terlepas dari rasa nervous. “Saya juga pernah mengalami kok,” ungkapnya sembari tertawa.

Lalu bagaimana saat siaran, kamu demam kamera? “Kamu harus percaya diri bahwa kamu bisa melakukan tugasmu dengan baik. Namun, jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri ketika menjalani pekerjaan tersebut,” katanya menerangkan.

Nadya menambahkan, saat menjalani suatu pekerjaan, dalam hal ini sebagai seorang presenter, harus didasari dengan adanya niatan yang baik dalam melaksanakannya (good will). “Misalnya saja ketika kamu nanti berkesempatan mewawancarai seorang politikus. Kamu harus ingat bahwa tujuannya adalah untuk memberikan perubahan yang positif bagi kemajuan bangsa. Atau mungkin ketika mewawancarai seorang ustaz. Kamu harus memiliki tujuan untuk memperdalam ilmu dan pengetahuan masyarakat tentang Islam,” imbuhnya.

Nah, itulah sedikit ilmu tentang menjadi seorang news anchor. Jadi, tidak perlu lagi merasa ragu untuk menjadi news anchor.

 

 

7 News Anchor Terbaik Di Indonesia :

  1. Najwa Shihab

Wanita kelahiran 16 September 1977 ini menurut saya adalah news anchor terbaik Indonesia. Eksistensinya dalam dunia jurnalistik tidak hanya diakui di Indonesia, namun ia sudah dilirik oleh dunia. Terbukti, berkali-kali dinominasikan dalam Panasonic Awards dalam kategori presenter berita terfavorit,  presenter Metro Tv sekaligus host “Mata Najwa” ini pernah dinominasikan sebagai best current affairs/ talkshow presenter ajang Asian Awards.

  1. Zelda Safitri

Presenter Metro tv adalah sarangnya news anchor berkualitas. Apalagi tiap wanita yang satu ini membawakan berita terupdate dalam Metro Hari Ini (MHI). Zelda Safitri, wanita lulusan RMIT University, Melbourne, Australia ini  adalah news anchor yang ga bisa kita pandang sebelah mata. Tiap Zelda membawakan MHI, tatapan mataya sangat tajam, intonasinya memukau, dan saat berhadapan dengan narasumber, feedbacknya dapet banget yang bikin saya makin tertarik dengan apa yang tengah Zelda dan narasumbernya perbincangkan.

  1. Rosiana Silalahi

Berhubung saya lagi membahas news anchor, jadi Rosiana Silalahi harus puas berada di posisi ketiga news anchor terbaik negeri ini. tapi, kalo saya ngomongin news presenter, perempuan alumni redaksi liputan 6 SCTV ini adalah juaranya. Ga salah kalo dia udah 3 kali mengantongi piala Panasonic Awards kategori presenter  berita terfavorit untuk tahun 2004, 2005, dan 2007


  1. Tina Talisa

Karirnya di dunia jurnalistik diawali dengan bergabung bersama redaksi Reportase Trans tv. Namun pada 2008, dara geulis asal Bandung yang juga mantan finalis Putri Indonesia ini memutuskan untuk berpindah ke redaksi Tvone. Namanyapun  makin populer saat ia dipercaya menjadi host dalam program Apa kabar Indonesia Malam. Tina Talisa, yang merupakan alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran bisa dibilang salah satu news anchor yang cerdas dalam memberikan umpan balik atas pernyataan narasumber yang ia wawancarai.


  1. Tommy Tjokro

Lahir di Jerman, 34 tahun silam, Tommy Tjokro adalah salah satu male news anchor yang patut diapresiasi di negeri ini. Pembawaannya  tegas dan tenang dalam setiap program yang ia bawakan, seperti “ 8-11 Show” dan “Jakarta Jakarta” yang tayang di chanel Metro tv. News anchor yang satu ini juga merupakan mantan Abang Jakarta.

  1. Aviani Malik

Presenter cantik nan muda besutan Metro tv, Aviani Malik juga tidak bisa dikesampingkan dengan sederet news presenter top lainnya. Aviani Malik adalah sosok news anchor yang kritis dan pandai. Program yang ia pandu antara lain “News Maker” dan “Editorial Media Indonesia” yang tayang setiap pagi di Metro tv. Pembawaan yang tenang, kritis dan tetap anggun adalah ciri khas news anchor yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.


  1. Isyana Bagoes Oka

Presenter yang satu ini kerap nangkring di stasiun Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI). Isyana Bagoes Oka merupakan news anchor  dari redaksi Seputar Indonesia dengan aksen yang paling jelas dan suara yang paling khas. Meskipun tidak jarang mengalami kesalahan teknis dalam setiap peliputannya, dia masih pantas berada di posisi ke-7 news anchor Indonesia terbaik versi saya.

Sumber :

http://gelologic.blogspot.com/2011/12/7-news-anchor-indonesia-terbaik-versi.html

http://news.okezone.com/read/2011/08/29/373/497831/mau-jadi-news-anchor-ini-tipsnya

http://id.wikipedia.org/wiki/Pembawa_acara_berita

http://publicspeakingmagically.com/pengertian-public-speaking.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s